PROPOSAL USAHA
“BISNIS MINUMAN SEGAR”
“JUS KETELA UNGU”
Disusun oleh :
1. Diyah Ayuningsih (14)
2. Evi Sulistyowati (18)
3. Intan Sari Miningrum (21)
4. Liza Tri Handayani (23)
SMK NEGERI 6 SURAKARTA
Jl. LU Adisucipto No. 38 Telp (0271)726036 Surakarta
Tahun Pelajaran 2010/2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga penyusunan proposal ini dapat terselesaikan.
Proposal ini adalah bagian dari tugas Kewirausahaan yang dimaksudkan agar siswa dapat mengembangkan kewirausahaannya dan juga merupakan dasar dalam pelaksanaan usaha nanti.
Pada kesempatan ini kami haturkan rasa terima kasih kepada :
1. Ibu Dra. Sri Supartini, MM, selaku kepala sekolah SMK Negeri 6 Surakarta yang telah memberi izin untuk menyusun proposal.
2. Ibu Endang Sulistyowati selaku guru Kewirausahaan yang telah memberikan kepada kami dalam pembuatan laporan usaha kami.
3. Teman-teman yang telah memberikan motivasi dan dukungan guna pembuatan proposal usaha ini.
Penyusun telah berusaha untuk berbuat yang terbaik guna memenuhi harapan. Namun penyusun menyadari tidak akan luput dari kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan guns memperbaiki proposal usaha ini.
Semoga proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
Penyusun,
Bab I
Pendahuluan
A. Alasan Pembuatan Proposal Usaha
Proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan untuk mengembangkan semua unsur yang relevan baik internal maupun eksternal, Mengenal usaha atau proyek baru, Untuk itu perlu dibuatkan proposal usaha yang merupakan legitimasi dan sebuah usaha yang akan didirikan sehingga orang luar merasa tertarik untuk menjalin kerjasama. Dalam pembuatan proposal ini ada dua aspek alasan yang penting, yaitu alasan edukasi dan bisnis.
1. Alasan edukasi
a. Untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang kewirausahaan.
b. Mengajarkan siswa untuk berlatih menjalankan suatu usaha baru.
c. Sebagai modal awal siswa sebelum memasuki dunia usaha yang sebenarnya.
2. Alasan Bisnis
a. Menjadi tindakan awal untuk menghadapi persaingan bisnis dalam dunia usaha.
b. Memperoleh keuntungan sehingga menambah penghasilan.
c. Membuka lapangan kerja yang dapat mengurangi tingkat pengangguran.
d. Membnagun kerjasama dengan relasi kerja guna meningkatkan omzet penjualan dan kualitas produk.
B. Ruang Lingkup Usaha
Pada bagian ini akan membahas secara singkat tentang apa yang termuat dalam proposal usaha ini, yaitu;
1. Manajemen atau Organisasi Usaha.
Dapat diartikan sebagai hubungan kerjasama orang-orang yang terdapat dalam suatu kegiatan atau badan usaha dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Hal ini berisi tentang nama usaha, bentuk usaha, tempat kedudukan usaha, jumlah tenaga kerja dan struktur organisasi.
2. Keuangan
Adalah suatu bagian yang menangani permasalahan tentang pendanaan dalam suatu kegiatan atau badan usaha. Masalah keuangan ini mencakup tentang sumber modal (dalam atau luar), proyeksi keuangan (modal investasi dan modal kerja) menghitung laba ruginya.
3. Perdagangan
Adalah pendistribusian suatu barang atau produk kepada konsumen tanpa merubah bentuk aslinya. Dalam proses perdagangan ini kami mengambil barang dari produsen secara langsung. Dan kemudian kami menjualnya langsung kepada konsumen.
4. Pemasaran.
Dapat diartikan sebagai suatu keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang/ jasa.Masalah pemasaran ini mencakup tentang distribusi produksi saingan, produksi sejenis, daerah pemasaran serta pemasaran.
BAB II
DISKRIPSI USAHA
A. MANAJEMEN USAHA
1. Rangkuman Eksekutif
Usaha yang kami jalankan ini bergerak di bidang minuman khususnya dalam pemasaran minuman segar. Usaha kami ini merupakan usaha awal di mana kita memanfaatkan ketela ungu yang sebelumnya belum diinovasi oleh orang-orang kami jadikan jus yang mungkin tidak terfikirkan orang sebelumnya.
Usaha ini kami jalankan karena di daerah kami sendiri belum ada yang memasarkan minuman ini, dan kami ingin mempopulerkan minuman ini kepada masyarakat agar menjadi minuman favorit bagi mereka.
2. Pelanggan
Sasaran utama dari bisnis adalah anak-anak kecil, remaja dan orang tua. Dari survey yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan orang menghilangkan rasa haus mereka dengan minum jus. Selain itu, harga yang kami tawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.
3. Manajemen
Usaha ini dikelola oleh 4 siswa SMK N 6 Surakarta yang bekerjasama dalam menjalankan uji coba.
4. Visi
Ø Memanfaatkan ketela ungu semaksimal mungkin.
Ø Mempopulerkan minuman dari bahan alami.
5. Misi
Ø Memberi pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.
Ø Memperhatikan kualitas minuman yang segar dan menyehatkan.
Ø Menyehatkan masyarakat dengan minuman yang bergizi.
Ø Menciptakan berbagai inovasi-inovasi baru dengan bahan dasar ketela ungu.
6. Tujuan
Pendirian usaha ini bertujuan untuk :
Ø Mengolah ketela ungu menjadi makanan dan minuman yang lebih menarik.
Ø Berperan aktiv dalam pembentukan lapangan kerja baru.
Ø Melatih mental para anggota agar menghadapi dunia usaha.
7. Faktor Keberhasilan
Ø Mengedepankan kualitas barang dagangan.
Ø Daya pemasaran dan jaringan pemasaran yang luas.
Ø Penentuan harga yang mudah dijangkau masyarakat.
Ø Kerjasama para anggota dalam 1 kelompok.
8. Lokasi Usaha
Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting terhadap kelangsungan hidup perusahaan dan perkembangan usaha itu sendiri. Dalam pemilihan dan penentuan lokasi usaha untuk diajak kerjasama perlu hati-hati dan harus disesuaikan dengan usaha yang digelutinya. Jika pemilihan tempat usaha itu sesuai, maka usaha yang didirikan dapat berjalan dengan lancer dan dapat berkembang dengan cepat.
Setelah melakukan peninjauan dan pengamatan, kami memutuskan lokasi yang tepat untuk usaha kami adalah di sekitar jalan Gelora Manahan.
Adapun alasan dari pemilihan usaha tersebut antara lain :
a. Masih sedikitnya pesaing
Daerah yang akan kami jadikan usaha ini masih sedikit pesaing yang memiliki usaha sama dengan kami. Maka kami akan lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
b. Bantaknya Konsumen
Di depanjang jalan Gelora Manahan banyak lalu lalang yang melintas dan beristirahat tentu saja tiap kali istirahat mereka haus dan membeli minuman baik yang ingin minum maupun membeli makanan.
9. Struktur Organisasi
Struktur organisasi dapat diartikan sebagai susunan organisasi dalam bentuk bagan yaitu gambaran secara skematis tentang hubungan kerjasama orang-orang atau anggota yang terdapat dalam suatu badan usaha, dalam rangka mencapai tujuannya.
Dalam struktur organisasi kita akan tahu dari system manajemen yang dijalankan dari organisasi tersebut. Selain itu dengan adanya struktur organisasi kita akan lebih mudah dalam melakukan koordinasi.
STRUKTUR ORGANISASI
Dari strutur organisasi tersebut dapat dijelaskan bahwa pimpinan memegang kendali usaha.Melaksanakan usahanya dibantu tenaga kerja dan administrator.
Kewajiban dan tanggungjawab setiap bagian :
a)Pimpinan usaha
v Bertanggungjawab penuh atas segala sesuatu yang terjadi dan berlangsungnya proses usaha
v Mengatur ddan mengkoordinir managenen usaha
v Mengawas terhadap tenaga kerja
b)Bagian administrasi
v Mengurusi masalah keluar masuknya uang
v Pembuatan laporan keuangan
c)Bagian pemasaran
v Mengurusi jalannya proses pemasaran usaha
v Mempromosikan usaha pada masyarakat
d)Bagian produksi
v Menentukan bahan-bahan yang diperlukan dalam usaha
v Mengurusi cara pembuatan produk minuman
ANALISA SWOT
1. STRENGTH (Kekuatan)
a) Produk mudah dibuat
b) Bahan dasar mudah didapat
c) Harga produk terjangkau semua lapisan masyarakat
d) Merupakan sebuah produk yang baru
2. WEAKNESS (Kelemahan)
a) Keuntungan yang diperoleh sedikit
b) Belum cukup berpengalaman dalam prosess perdagangan
c) Produk tidak dapat bertahan lama
3. OPPORTUNITY (Peluang)
a) Ketela ungu merupakan bahan makanan yang mudah diidapat
b) Jus ketela ungu merupakan minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi
c) Jus ketela ungu merupakan minuman yang cukup unik dan menarik
4. TREATMENT (Ancaman)
a) Stok bahan tidak stabil
b) Produk tidak bertahan lama
c) Penetapan harga tidak pas
PROGRAM KERJA
No | Kegiatan | Tanggal Mulai | Tanggal Selesai | Penanggungjawab |
1 | Pembentukan kelompok | 07-05-2011 | 07-05-2011 | Semua Anggota |
2 | Penentuan Jenis Usaha | 08-05-2011 | 08-05-2011 | Semua Anggota |
3 | Menyusun Bisnis Plan | 08-05-2011 | 10-05-2011 | Semua Anggota |
4 | Menyusun Anggaran Biaya | 10-05-2011 | 10-05-2011 | Semua Anggota |
5 | Melakukan Proses Distribusi | 20-06-2011 | s.d selesai | Semua Anggota |
B. KEUANGAN
Keuangan merupakan perincian dari besaran yang dibutuhkan untuk mengetahui biaya produksi, modal, rencana proyek cash flow, perhitungan laba rugi, neraca, berikut ini rinciannya:
1.Sumber Usaha
Pada tahap permulaan lebih merencanakan penggunaan apa saja, sehingga dapat menimbulkan nilai Investasi.
No | Nama | Jumlah Iuran | Total | |
Tabungan | Tambahan | |||
1 | Evi Sulistyowati | 20.000 | 15.000 | 35.000 |
2 | Diyah Ayuningsih | 20.000 | 15.000 | 35.000 |
3 | Intan Sari Miningrum | 20.000 | 15.000 | 35.000 |
4 | Liza Tri Handayani | 20.000 | 15.000 | 35.000 |
2. Biaya Produksi
Pembelian :
v Termos Es : Rp.50000
v Loyang : Rp.20000
Untuk 50 Gelas dibutuhkan,
· Ketela Ungu sebanyak 2 Kg @ 5000 = Rp. 10.000
· Gula 2 Kg @ 10000 = Rp. 20.000
· Air 1 Galon = Rp. 13.000
· Susu Putih 1 Kaleng = Rp. 7.500
· Fanta 25 Botol = Rp. 55.000
· Plastik 1 Bungkus = Rp. 5.000
· Sedotan = Rp. 2.000
· Gelas Plastik = Rp. 7.500
· Es Batu = Rp 10.000
· Listrik = Rp. 5.000
· TOTAL Rp.135.000
Harga Pokok Penjualan 1 Gelas Rp.135000 : 50 = Rp.2700
Dijual dengan harga Rp.3500 , Maka Laba yang diperoleh Sebesar Rp.800/gelas
3.Rencana Penjualan
No | Hari | Jumlah Penjualan | HPP | Penjualan | Laba |
1 | Hari 1 | 20 | 20 x 2700 = 54000 | 20 x 3500 = 70000 | 16000 |
2 | Hari 2 | 20 | 20 x 2700 = 54000 | 20 x 3500 = 70000 | 16000 |
3 | Hari 3 | 30 | 30 x 2700 = 81000 | 30 x 3500 = 105000 | 24000 |
4 | Hari 4 | 30 | 30 x 2700 = 81000 | 30 x 3500 = 105000 | 24000 |
5 | Hari 5 | 50 | 50 x 2700 = 135000 | 50 x 3500 = 175000 | 40000 |
6 | Hari 6 | 50 | 50 x 2700 = 135000 | 50 x 3500 = 175000 | 40000 |
7 | Hari 7 | 60 | 60 x 2700 = 162000 | 60 x 3500 = 210000 | 48000 |
TOTAL | Rp.702.000 | Rp.910.000 | Rp.208.000 |
4.Cash Flow (Arus Kas)
No | Uraian | 0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 |
1 | Saldo Awal | 65000 | 65000 | 81000 | 97000 | 121000 | 145000 | 185000 | 225000 |
2 | Penjualan | | 70000 | 70000 | 105000 | 105000 | 175000 | 175000 | 210000 |
3 | HPP | | 54000 | 54000 | 81000 | 81000 | 135000 | 1345000 | 162000 |
4 | Laba | | 16000 | 16000 | 24000 | 24000 | 40000 | 40000 | 48000 |
5 | Saldo Akhir | 65000 | 81000 | 97000 | 121000 | 145000 | 185000 | 22000 | 273000 |
5.Perhitungan Laba/ Rugi
Uraian | Minggu ke 1 |
Penjualan | Rp.910.000 |
HPP | Rp.702.000 |
Laba | Rp.208.000 |
6.Perubahan Modal
|
7.Neraca
Aktiva | Ekuitas & Liability |
Aktiva Lancar Kas………………………….Rp.273.000 Peralatan ……………………Rp .70.000 Aktiva Tetap Rp. 0 Total Aktiva …………………..Rp.343.000 | Ekuitas Modal Bersama Rp.343.000 Hutang ………………………..Rp.0 Total Ekuitas dan Liability Rp.343.000 |
C.PEMASARAN
Dalam pemasaran Produk Kami ini menerapkan strategi yaitu : Produk Harga , Promosi , dan Distribusi .
1.Produk
Dalam upaya memperlancar pemasaran produk yang harus senantiasa ditekankan adalah mengembangkan produk yang berkesinambungan tanpa mengurangi rasa dan kualitas produk itu sendiri.Disamping itu untuk menarik perhatian pelanggan, juga dibuat kemasan produk dengan desain yang menarik sehingga produk kami tersebut semakin mempunyai karakter dimata pelanggan.
2.Harga
Dalam menetapkan harga berpegangan pada pemikiran bahwa, kebijakan harga yang ditentukan haruslah yang wajar dan tidak merugikan kedua belah pihak.serta yang paling penting adalah harga harus terjangkau oleh semua kalangan. Dan dari penentuan harga yang telah kami tetapkan menghendaki laba sebesar 30%.
3.Promosi
Pada awal tahap promosi yang kami lakukan hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut ( face to face) ,Disini kami memanfaatkan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain agar mau membeli produk kami. Selain itu kami juga akan meminta bantuan teman – teman untuk menyebarkan tentang usaha yang kami jalankan.
4.Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen yang membutuhkannya , distribusi dibagi menjadi 2 macam yaitu :
· Distribusi secara Langsung
· Distribusi secara Tidak Langsung
Megenai hal ini kami melakukan distribusi barang secara Langsung kepada konsumen. Dengan hal ini kami harapkan agar produk kami dapat langsung dikenal masyarakat.
BAB III
PENUTUPAN
(Kesimpulan)
Dari fakta yang terjadi saat ini, berdasarkan atas perencanaan yang kami buat maka kami menyimpulkan bahwa banyak peluang-peluang usaha yang kita manfaaatkan.
Usaha yang kami buat ini bergerak di perdagangan minuman segar.Usaha ini didirikan oleh sekelompok orang yang sedang belajar berwirausaha.Kami baru pertama kali mendirikan usaha ini.
Dengan semua perencanaan dan usaha tersebut, kami yakin akan memperoleh keberhasilan dalam menjalankan usaha ini.Tetapi tentu saja hal ini juga harus didukung oleh masyarakat sekitar.Serta kami tidak lupa untuk mengucapkan terima kasih dan mohon maaf kepada semua pihak apabila terdapat kesalahan yang terjadi dalam penyusunan proposal usaha kami ini.
0 komentar on "PROPOSAL USAHA"
Posting Komentar